Apakah Biaya Turun Mesin Mobil Akan Dicover Asuransi Mobil

Apakah Biaya Turun Mesin Mobil Akan Dicover Asuransi Mobil ?

Memiliki dan juga mengendarai mobil mengharuskan untuk dapat memahami berbagai perawatan beserta perbaikan yang dibutuhkan untuk menjaga dan juga merawat kondisi mobil agar selalu prima dan aman untuk dikendarai sehari-hari.

Sebab, mobil yang memang jarang di-service dan dirawat secara baik dan benar justru memiliki risiko untuk mengalami kerusakan yang yang lebih parah dan nantinya justru harus membayar mahal biaya perbaikannya.

Pertaannya kini, apa yang dicover asuransi mobil? Salah satu jenis asuransi kendaraan adalah biaya perbaikan mobil.

Seperti diketahui, perbaikan yang besar dan dilakukan bila mobil sudah mengalami kerusakan parah adalah turun mesin mobil. Jika sudah seperti itu, biayanya juga pasti besar, bahkan bisa sampai puluhan juta rupiah.

Sebelumnya, kenali terlebih dulu secara mendalam terkait dengan prosedur, penyebab kerusakan, serta rincian biaya turun mesin mobil  supaya nantinya dapat mempersiapkan diri bila sewaktu-waktu mobil mengalami kerusakan dan harus menjalani perawatan turun mesin.

Rata-Rata Perkiraan Biaya Turun Mesin pada Mobil

Apakah Biaya Turun Mesin Mobil Akan Dicover Asuransi Mobil
Apakah Biaya Turun Mesin Mobil Akan Dicover Asuransi Mobil

Turun mesin ini masih dibagi ke dalam dua bagian, yaitu pembongkaran mesin total atau sebagian dan setengah. Jika turun mesin secara total, pembongkaran akan dilakukan pada seluruh bagian mesin, mencakup kepala silinder, blok silinder, dan beberapa bagian yang lainnya.

Sedangkan untuk turun mesin setengah, pembongkaran hanya dapat dilakukan pada sebagian mesinnya saja. Misalnya pada bagian kepala silinder tanpa harus mengutak-atik bagian blok silindernya.

Biasanya, biaya turun mesin mobil setengah akan lebih murah dibandingkan turun mesin total. Hal tersebut disebabkan oleh bagian pada mesin yang dibongkar jauh lebih sedikit daripada turun mesin secara total.

Bagi Anda yang saat ini sedang mempersiapkan budget untuk turun mesin mobil, berikut ini merupakan perkiraan biaya pada turun mesin mobil di bengkel yang memang resmi.

Jasa pada turun mesin kendaraan untuk produksi Jepang, umumnya akan berkisar  Rp2.000.000–Rp5.000.000.

Hal ini akan berbeda dengan mobil-mobil yang diproduksi oleh Eropa. Biasanya pada mobil-mobil Eropa akan dikenai harga yang jauh lebih mahal.

 

Selanjutnya, bila terdapat komponen maupun bagian mesin yang harus dilakukan pergantian, maka harus bersiap mengeluarkan dana sekitar Rp5.000.000-Rp10.000.000.

Misalnya, pada komponen yang harus dilakukan pergantian baru adalah packing set yang memiliki harga Rp1.500.000 piston dengan harga Rp1.800.000 stang piston yang seharga Rp325.000, ring piston Rp450.000, dan engine mounting dengan harga Rp630.000.

Maka biaya untuk penggantian komponennya adalah Rp4.700.000. Jika mobil Anda harus menjalani beberapa penggantian yang lain, misalnya filter oli, oli gardan, dan sebagainya, maka biayanya bisa bertambah lagi.

Pentingnya Asuransi Mobil untuk Membantu Biaya Turun Mesin

Biaya turun mesin mobil diesel maupun jenis yang lainnya bukan menjadi sesuatu hal yang murah. Jadi jangan sampai nantinya akan ada tambahan pengeluaran lagi yang lebih besar, terutama jika Anda masih memiliki cicilan kredit mobil. Agar dapat mencegah pengeluaran pada biaya servis mobil maupun kerugian finansial yang lebih besar sehingga dapat menguras tabungan karena biaya turun mesin mobil, Anda dapat mencegahnya dengan cara mengasuransikan mobil milik Anda.

Lindungi mobil kesayangan selama 24 jam dengan asuransi mobil yang paling terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu apa yang dicover asuransi mobil nantinya ? Pertanggungan untuk asuransi mobil ini dibagi ke dalam dua jenis, yaitu :

1. All Risk

Walaupun bernama all risk, tidak akan sepenuhnya kondisi kendaraan bisa ditanggung oleh asuransi jenis ini. Ada beberapa risiko-risiko yang akan dikecualikan, hal tersebut karena asuransi akan menawarkan jaminan tanggung gugat kepada pihak lain maupun pihak ketiga.

Kerugian maupun kerusakan yang bisa diganti oleh asuransi mulai dari kerugian karena tergores, penyok, kehilangan bagian kendaraan sampai kerugian secara total.

Setiap akan pengajuan klaim, pemegang polis dikenakan biaya risiko tersendiri menyesuaikan dengan kondisi kendaraan. Walaupun seperti itu, biaya yang dikenakan akan jauh lebih murah dibandingkan jika tidak mempunyai asuransi.

2. Total Loss Only

TLO hanya memberikan jaminan penggantian jika kendaraan kerusakannya mencapai 75% dari nilai kendaraan tersebut dan kerugian karena kehilangan kendaraan.

Penggantian baru bisa didapatkan setelah terdapat kerusakan besar maupun kehilangan, tentunya pertanggungan jenis ini akan lebih murah dibandingkan dengan All Risk. Jumlah premi mencapai 50% bahkan akan lebih rendah dibandingkan dengan premi comprehensive.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top