Aplikasi Convert Video

Daftar Aplikasi Convert Video Gratis Untuk PC Dan Android

Aplikasi Convert VideoKamu ingin mengubah format video MP4 menjadi format lain atau sebaliknya? Itu sangat mudah dilakukan. Kamu dapat mengubahnya dengan aplikasi convert video.

Aplikasi ini memungkinkan kamu dapat mengubahnya hanya dalam hitungan menit. Lama tidaknya proses convert amat bergantung pada durasi video yang diconvert. Misalnya video dengan durasi hingga satu jam, pengubahannya tentunya lebih lama.

Tetapi tidak perlu khawatir. Lama yang dimaksud di sini tidak sampai berjam-jam. Jadi, kamu tidak akan merasa bosan untuk menunggu hasil akhirnya.

Di sini, kamu akan menemukan sejumlah aplikasi convert video yang dapat dimanfaatkan. Tetapi, bedakan jenis aplikasi yang sesuai dengan perangkat. Yakni, apakah itu ditujukan untuk PC atau perangkat seluler.

Kenapa Convert Video?

Ada sejumlah alasan yang melatarbelakangi seseorang dalam mengubah format video. Di antara alasannya adalah sebagai berikut.

Hemat Ruang Penyimpanan

Bagi kamu yang hobi dengan koleksi video, kamu tentunya tidak ingin kehilangan video tersebut. kamu ingin terus menjaganya sehingga menyimpannya dalam perangkat menjadi solusi terakhirnya.

Masalahnya, setiap video itu memilik ukuran yang memungkinkan ruang penyimpanan cepat penuh. Tentunya, penuhnya ruang penyimpanan dari perangkat bakalan mempengaruhi pada performanya. Contohnya, perangkat bisa menjadi lemot.

Solusinya, mengubah format video akan dilakukan. Setidaknya, ukuran video yang awalnya cukup tinggi bisa dipangkas hingga beberapa persen.

Ketika ukurannya menjadi semakin kecil, tentu jumlah video yang dapat disimpan jauh lebih banyak. Tentu saja, video tersebut tidak sampai memenuhi ruangan penyimpanan dalam waktu dekat.

Format Tidak Didukung Media player

Ada kalanya perangkat sudah menginstall aplikasi untuk memutar video. Hanya saja, aplikasi player ini tidak dapat mendukung format video.

Tidak adanya dukungan membuat kamu tidak dapat memutar video tersebut. tentunya, ini bukanlah hal yang menyenangkan bagi kamu yang sudah bersusah payah mendapatkan video tersebut.

Beruntungnya, hal ini bisa diatasi. Caranya adalah mengubah formatnya agar sesuai dengan player. Pengubahan ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan aplikasi convert video.

Dengan mengubah formatnya, otomatis player dapat membaca video. Pada akhirnya, video bisa diputar dan ditonton tanpa ada kendala sama sekali.

Baca juga : Cara Membuat Kuesioner

Ingin Menyimpan Video dalam Satu Format

Kamu mungkin punya format video andalan yang dinilai sudah cukup bagus. Begitu pula dengan orang lain.

Ketika memperoleh video dengan format tertentu, ada kemungkinan jika seseorang akan mengubah formatnya. Selain suka dengan format tertentu, pengubahan format ini juga menyesuaikan dengan kemampuan player dalam memutarnya.

Ketika video tersimpan dalam format yang sama, video yang diputar dapat masuk dalam daftar playlist. Artinya, kamu bisa memutarnya secara bergantian tanpa perlu memilihnya satu persatu.

Aplikasi Video Converter di Android

Memperkecil ukuran video menjadi solusi terbaik bagi kamu yang ingin menyimpannya di perangkat android. Untuk memperkecilnya, kamu perlu mengubah formatnya. Untuk melakukannya, kamu butuh aplikasi convert video berikut ini.

VidCompact

VidCompact
VidCompact

Aplikasi pertama yang bisa kamu manfaatkan untuk mengonversi video ke berbagai format adalah Vidcompact. Aplikasi ini sudah cukup populer. Bahkan, sudah digunakan oleh banyak pemilik android.

Penggunaan dari aplikasi ini pun sangat mudah. Kamu dapat mengubah format video hanya dalam hitungan menit. Yang pasti, hasilnya sesuai dengan yang dikehendaki.

Menariknya lagi, aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai hal. Di antaranya menduplikasi video, memotongnya, hingga mengompresnya. Jadi, ukuran video dapat diperkecil sesuai dengan kebutuhan.

Audio/Video Converter

Audio Video Converter
Audio Video Converter

Berbagai jenis format dapat dihasilkan dari aplikasi convert video ini. Di antaranya adalah MP4, avi, mov, mkv, flv, wmv dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi audio/video converter ini pun memberi kesempatan bagi kamu untuk convert audio. Tentunya, prosesnya lebih mudah dan tidak memakan waktu lama.

Media Converter

Media converter ini pun menjadi andalan bagi pengguna android dalam mengubah format video. Pasalnya, aplikasinya memiliki tampilan yang mudah dipahami serta ringan di dalam perangkat seluler.

Format video yang ditawarkan pun lebih lengkap. Menariknya, aplikasi ini juga menyuguhkan parameter untuk tingkat audio hingga video. Bahkan, menunjukkan resolusi yang dapat dipilih oleh user.

Di sini, pengguna juga dapat memotong klip file hingga mengekstrak audionya. Tak salah jika banyak user yang tertarik untuk menggunakannya.

Aplikasi Video Converter di PC

Mengkonversi video ke berbagai format jauh lebih mudah ketika dilakukan melalui PC/Laptop. Bagi kamu yang menggunakan perangkat ini, kamu perlu mengunduh dan menginstal aplikasi convert video berikut ini.

Baca juga : Dark Mode WhatsApp

Format Factory

Format Factory
Format Factory

Hampir sebagian besar pengguna PC mengenal aplikasi format factory. Ada kemungkinan jika pernah menggunakannya. Baik itu di PC sendiri atau milik orang lain.

Aplikasi ini pun terbilang cukup mudah digunakan. Kamu hanya perlu menyeleksi file media yang ingin diconvert. Kemudian, pilih menu convert ke format yang diinginkan. Maka, aplikasi akan memproses perintah tersebut.

Hasil convert pun sangat bervariasi. Kamu bisa mengubah file media menjadi FLV, MP3, MP4, AVI, WMA dan format lainnya.

Banyak hal yang dapat kamu lakukan dengan aplikasi ini. Kamu hanya perlu menginstalnya di dalam PC. Toh, aplikasi ini gratis.

Freemake

Freemake
Freemake

Aplikasi convert video yang tak kalah populer bagi pengguna PC adalah Freemake. Aplikasi tersebut lebih fungsional. Karena, banyak hal yang dapat user lakukan dengannya.

Secara umum, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengonversi video mau pun audio. Menariknya lagi, aplikasi freemake pun bisa digunakan untuk burn video ke DVD.

Dan tenang saja, aplikasi freemake ini tidak dipungut biaya. Kemudian, proses penggunaannya jauh lebih mudah.

Handbrake

Handbrake
Handbrake

Bisa dibilang jika handbrake merupakan aplikasi convert video paling lengkap fiturnya. Betapa tidak, fiturnya meliput cropping, filter, setting frame, hingga preset dan lain sebagainya.

Selain itu, aplikasi handbrake ini support dengan berbagai platform. Mulai dari Windows, Linux hingga MacOS.

Jika kamu baru menggunakannya, mungkin terasa kikuk lantaran banyak fiturnya. Tetapi jika sudah terbiasa, aplikasi ini terbilang jauh lebih menguntungkan untuk digunakan.

Media Coder

Media Coder
Media Coder

Rekomendasi terakhir untuk aplikasi pengubah format video adalah Media Coder. Aplikasi ini pun memiliki sejumlah fitur yang menjanjikan. Fiturnya meliputi penyesuaian aspek rasio, editing, sinkronisasi suara hingga penggabungan video.

Kamu pun dapat mengubah video lama menjadi lebih kekinian. Tentunya, kualitas gambar dan suara yang dikeluarkan pun masih sangat baik.

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakannya, silahkan unduh di website resmi. Usahakan untuk memilih aplikasi yang resmi. Tujuannya supaya perangkat android atau PC terhindar dari virus atau pun kode berbahaya yang disematkan dalam aplikasi.

Itulah daftar aplikasi convert video yang layak untuk dipertimbangkan. Kamu hanya perlu menyesuaikan aplikasi dengan perangkatnya. Selain itu, usahakan agar aplikasinya berukuran ringan dan mudah digunakan. Dengan begitu, kamu tidak perlu berulang kali mengunduh dan menginstalnya dalam perangkat elektronik. Baca juga artikel menarik mengenai download video tiktok tanpa watermark yang bisa kamu lakukan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top