Aplikasi Screen Recorder Untuk PC

Daftar Aplikasi Screen Recorder Untuk PC Paling Recommended

Aplikasi Screen Recorder Untuk PCBelakangan ini, merekam layar PC atau Laptop begitu diperlukan. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan sebuah aplikasi screen recorder untuk PC yang sesuai.

Perekaman layar komputer didasari oleh kebutuhan. Di antaranya untuk merekam kegiatan belajar secara daring, merekam aktivitas bermain game dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini, aku akan menunjukkan sejumlah aplikasi screen recorder untuk PC. Harapannya, kamu tidak lagi kebingungan ketika diminta untuk melakukan perekaman layar saat daring.

Sebelum mencari tahu aplikasinya, mari pahami keuntungan dari menggunakan aplikasi tersebut. Berikut ini informasi yang dapat kamu pelajari.

Keuntungan Aplikasi Screen Recorder PC

Bukan tanpa alasan kenapa kamu disarankan untuk menggunakan aplikasi perekaman layar. Alasannya, aplikasi tersebut dinilai lebih menguntungkan. Secara umum, keuntungannya meliputi:

Lebih Mudah Digunakan

Setiap orang sudah melek dengan internet. Bahkan, sudah sering menggunakan berbagai aplikasi yang dirilis oleh sejumlah pengembang.

Kebanyakan pengembang menciptakan aplikasi lantaran melihat kebutuhan pasar. Pada akhirnya, pengembang mulai membuat aplikasi tersebut.

Tentu saja, aplikasi tersebut dibuat semudah mungkin untuk digunakan. Tujuannya supaya diterima oleh banyak pengguna.

Dan benar saja, aplikasi tersebut memang lebih mudah dimaksimalkan untuk merekam layar. Secara teknisnya, kamu hanya perlu membuka aplikasi. Kemudian, tekan tombol untuk memulai atau berhenti dalam merekam layar.

Tidak Membuang Banyak Waktu

Di era kecanggihan teknologi, kamu dituntut untuk bertindak secepat mungkin. Tentu saja, kamu harus pandai dalam memanfaatkan waktu.

Setidaknya, gunakan waktu seefisien mungkin untuk melakukan sesuatu. Contohnya untuk merekam layar PC saat daring.

Beruntungnya, kamu bisa melakukannya dengan bantuan aplikasi screen recorder untuk PC. Aplikasi inilah yang memungkinkan kamu dapat mempersiapkan perekaman hanya dalam hitungan menit.

Hemat Budget

Menghemat biaya pun sangat memungkinkan jika kamu menggunakan aplikasi. Betapa tidak, kamu tidak harus membeli perangkat elektronik tambahan untuk merekam video.

Kamu tinggal menggunakan aplikasi yang terpasang di PC secara gratis. Kalau menggunakan versi berbayar, tetap saja biayanya jauh lebih murah. Pasalnya, kamu cukup membeli lisensinya saja.

Berbeda jika membeli peralatan tambahan. Setidaknya, kamu butuh beberapa perangkat elektronik. Dan setiap perangkat memiliki harga beli dari ratusan hingga jutaan rupiah.

Baca juga : Aplikasi Convert Video

Jenis Aplikasi Perekam Layar di PC

Untuk kamu yang sedang mencari aplikasi screen recorder untuk PC, aku punya daftar aplikasi yang recommended. Aplikasinya cukup ringan, tersedia versi gratis, hingga mudah dijalankan. Berikut ini list aplikasi dan kelebihannya.

Cam Studio

Cam Studio
Cam Studio

Kamu dapat menjajal perekaman aktivitas di PC atau laptop dengan aplikasi Cam Studio. Aplikasi ini pun tersedia secara gratis.

Kelebihan dari aplikasi ini, pengguna dapat merekam seluruh layar tanpa terpotong. Lantas, pengaturan menu di dalamnya pun lebih mudah. Yang paling penting, software ini bebas biaya.

Meskipun begitu, ada sejumlah kelemahan. Output dari hasil rekaman cenderung lebih besar serta tidak banyak format yang tersedia.

Begitu pula, software ini tidak bisa dijalankan di sistem operasi Mac. Meskipun begitu, aplikasinya tetap membantu pekerjaanmu ketika digunakan di sistem operasi windows.

Ezvid

Ezvid
Ezvid

Bisa dikatakan jika Ezvid ini pilihan dari kebanyakan user. Betapa tidak, kebanyakan dari content creator seperti Youtuber memanfaatkannya.

Mengenai kelebihannya, aplikasi perekam layar di PC ini sudah dibekali dengan fitur editing. Artinya, kamu pun bisa mengedit hasil video semaunya ketika sudah selesai direkam.

Kemudian, kualitas gambarnya pun jernih. Bahkan di dalamnya pun tersedia fitur trek music populer. Tentunya, kamu dapat memaksimalkannya ketika ingin mengedit video yang telah direkam agar jauh lebih menarik.

VideoProc

VideoProc
VideoProc

Opsi aplikasi screen recorder untuk PC yang menarik untuk digunakan adalah VideoProc. Aplikasi ini pun cukup difavoritkan oleh banyak user.

Alasannya, mode perekamannya bisa diatur sendiri oleh pengguna. Entah itu merekam keseluruhan layar atau hanya sebagian saja.

Kemudian, aplikasinya sudah bisa digunakan di berbagai sistem operasi. Mulai dari Windows hingga Mac.

Kamu yang sering mengadakan meeting online atau webinar tentunya tidak akan mengalami kesulitan. Hasilnya pun dapat segera disimpan atau diunggah ke platform berbagi video.

Jika kamu menggunakan VideoProc, kamu tidak akan kecewa. Pasalnya, kelebihan yang ditawarkannya cukup banyak.

Kelebihan utamanya terletak pada hasil perekaman yang jernih. Begitu pula, tidak ada kesan putus-putus.

Kemudian, aplikasinya pun sesuai dengan kemampuan PC. Aplikasinya tidak memberatkan kinerja CPU. Makanya, tidak mengherankan jika aplikasi VideoProc ini lebih recommended.

Untuk kekurangannya, aplikasinya masih minim fitur. Meskipun begitu, kurangnya fitur tidak lantas membuat aplikasi ini kurang menarik. Karena, hasil yang didapatkan dari perekaman terbilang jernih.

Baca juga : Cara Membuat Kuesioner

Screenpresso

Screenpresso
Screenpresso

Kalau kamu punya PC atau laptop dengan spesifikasi yang bagus, kamu bisa melirik aplikasi screen recorder untuk PC bernama Screenpresso. Alasannya, aplikasi tersebut dapat memberikan hasil perekaman yang sangat baik.

Kualitasnya jernih dan bebas dari watermark. Tentu saja, ini menjadi kelebihan yang tidak kamu dapatkan dari beberapa aplikasi perekam di layar lainnya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini pun sudah menyediakan fitur berbagi. Kamu bisa membagikan hasil rekaman ke berbagai platform secara langsung. Contohnya Youtube.

Untuk kekurangannya, aplikasi tersebut perlu biaya jika kamu ingin menikmati fiturnya secara lengkap. Tetapi bila memiliki dana cekak, cukup gunakan versi gratis. Toh, hasilnya pun masih bagus.

Kemudian kekurangan lainnya, tidak semua jenis PC akan sesuai. Maksudnya, aplikasi ini bisa saja tidak bekerja maksimal jika digunakan pada PC dengan spesifikasi yang lebih rendah.

Diketahui jika aplikasi screen recorder untuk PC ini minimal butuh PC dengan RAM 4GB dan ruang penyimpanan sisa sekitar 1GB. Kemudian, aplikasi hanya bisa dijalankan di OS Windows ke atas.

Kalau spesifikasinya di bawah itu, ada kemungkinan jika aplikasi akan sulit dijalankan. Bahkan, kesannya malah tidak dapat digunakan sama sekali.

OBS Studio

OBS Studio
OBS Studio

Rekomendasi terakhir untuk software perekam layar PC adalah OBS Studio. Aplikasi ini pun ditawarkan dengan hasil tanpa watermark.

Menariknya lagi, aplikasinya dapat dijalankan di OS Windows, Linux hingga Mac. Tentu saja, ini menjadi salah satu kelebihan yang dimilikinya.

Di samping itu, OBS Studio pun memiliki sejumlah fitur menguntungkan. Mulai dari fitur merekam desktop, merekam suara dari internal hingga external microphone.

Kemudian, hasil rekamannya pun menjanjikan. Di antaranya bisa menghasilkan output berupa format MP4 dan FLV.

Hanya saja, kamu harus sering berlatih dalam menjalankannya. Karena, aplikasi ini dinilai agak menyulitkan bagi pemula. Tetapi bila sudah terbiasa, aplikasi ini bakalan memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya.

Jika kamu ingin menggunakannya, pastikan PC yang kamu gunakan sudah dibekali dengan CPU Intel i5 2000 series or AMD FX Series Dual Core Processor. Kemudian, sudah didukung RAM sebesar 4GB.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi screen recorder untuk PC yang layak untuk digunakan. Jika kamu ingin memanfaatkannya, perhatikan kesesuaian aplikasi dengan perangkat. Dengan begitu, aplikasi bisa dijalankan tanpa kendala yang berarti. Informasi tambahan buat rekan – rekan, kami juga memiliki informasi menarik mengenai cara reset laptop asus yang bisa kamu baca.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top