Cara Download Video Di Instagram

Beberapa Cara Download Video Di Instagram Yang Bisa Dicoba

Cara Download Video Di Instagram – Kamu suka video Instagram dan ingin menyimpannya sebagai koleksi pribadi? Solusinya adalah mengunduhnya. Nah, bagaimana cara download video di Instagram tersebut?

Perlu diingat bahwa hasil unduhan sebaiknya hanya menjadi koleksi. Bukan dijadikan sebagai video unggahan yang dijadikan hak milik. Pasalnya, ini merupakan pelanggaran hak cipta.

Untuk itulah, kamu sebaiknya mengunduh video tersebut untuk keperluan koleksi. Artinya, kamu hanya menyimpannya dan menontonnya kapan pun diinginkan.

Berbeda jika pemilik video memperkenankan untuk membagikannya di akun Instgram lainnya. Kamu bisa mengunggahnya di akun IG dengan menyematkan siapa pemilik video yang sebenarnya.

Kalau sudah mengetahui etikanya, mari pelajari cara download video di Instagram. Di sini, kamu akan menemukan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengunduh video. Berikut ini informasinya.

Cara Download Video IG Tanpa Aplikasi

Cara Download Video Di Instagram
Cara Download Video Di Instagram

Ada beberapa metode yang bisa dijalankan untuk mengunduh video di Instagram. Tentunya, kamu tidak butuh aplikasi tambahan yang sifatnya memenuhi memori penyimpanan perangkat. Nah, apa saja metodenya?

  • Gunakan Cache Instagram

Cara ini terbilang cukup sederhana. Pengguna hanya perlu memaksimalkan cache yang tersimpan dalam perangkat. Nantinya, file yang tersimpan dapat diunduh langsung.

Syarat utamanya, video yang ingin diunduh perlu ditonton terlebih dahulu. Pastikan agar videonya dilihat dari awal hingga akhir. Tujuannya supaya video yang diunduh tidak terpotong.

Syarat lainnya, hindari untuk membersihkan cache terlebih dahulu. Jika cache dibersihkan, sudah pasti kamu akan kesulitan dalam menemukan video tersebut. Apalagi sampai mengunduhnya.

Bila semua syarat sudah dipenuhi, tinggal masuk ke tahapan pengunduhan. Kamu hanya perlu masuk ke File Manager, Memori Penyimpanan, Android, Data, com.instagram.android, cache dan videos.

Inilah tempat di mana kamu akan menemukan video tersebut. Filenya biasanya dinamai dengan angka dan ekstensi .clean. Kamu tinggal menekan file tersebut dan pilih Video untuk memutarnya.

Kamu tinggal mengubah formatnya. Caranya dengan menamai file tersebut dan mengubah ekstensi .clean menjadi .mp4. Langkah terakhirnya, pindahkan file tersebut ke lokasi penyimpanan agar tidak terhapus.

  • Manfaatkan Layanan Pihak Ketiga

Pada dasarnya, cara download video di Instagram ini jauh lebih sederhana. Bahkan, lebih mudah ketimbang metode lainnya.

Selain itu, kamu tidak perlu khawatir jika perangkat akan melambat lantaran aplikasi. Karena, kamu tidak menggunakannya.

Baca juga : Cara Membuat Akun PayPal

Lantas, apa yang digunakan untuk mengunduh video tersebut? Jawabannya adalah situs penyedia layanan unduh video di Instagram.

Saat ini, penyedia layanan ini sudah cukup banyak. Di antara yang paling populer adalah Dredown dan SnapInsta. Cukup ketik namanya di browser jika ingin menggunakannya.

Untuk proses pengaplikasiannya, awali dengan memilih video IG. Kemudian, tekan ikon titik tiga yang berada persis di pojok kanan atas. Lantas, salin link dari video tersebut.

Langkah selanjutnya ialah membuka halaman penyedia layanan unduhan. Kamu bisa memilih layanan dari Dredown atau Snapinsta. Paste link ke kolom yang tersedia. Kemudian, tekan unduh.

Kalau menggunakan Dredown, kamu bisa menentukan format hingga ukuran video. Setelah memilihnya, tinggal jalankan agar video terunduh ke dalam perangkat.

Aplikasi Download Video Instagram di Android

Aplikasi dibuat lantaran banyak orang yang memerlukannya. Kebanyakan orang memandang jika aplikasi jauh lebih mudah digunakan. Jika kamu juga memandang seperti itu, berikut ini rekomendasi cara download video di Instagram menggunakan berbagai jenis aplikasi.

  • InsTake Downloader

Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang gemar menghabiskan waktu di IG. Entah itu memposting video, menonton atau pun mengunduhnya.

InsTake Downloader memberikan kemudahan dalam penggunaan. Menariknya, kamu pun bisa berbagi hingga repost dari postingan milik orang lain.

Syaratnya, unduh dan pasang aplikasi tersebut di perangkat seluler. Jika sudah memasangnya, tinggal copy link dari video yang ingin diunduh.

Langkah selanjutnya cukup dengan membuka aplikasi. Aplikasi akan segera berjalan lantaran link secara otomatis melekat. Kamu hanya tinggal menekan tombol Download.

  • FastSave for Instagram

Aplikasi lain yang bisa mewujudkan keinginanmu adalah FastSave for Instagram. Aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil. Jadi, perangkat android tidak akan terbebani performanya.

Untuk cara download video di Instagram melalui aplikasi ini, kamu hanya perlu menyalin link videonya. Kemudian, buka aplikasi dan tekan tombol Download. Tinggal tunggu hingga pengunduhan berhasil.

  • QuickSave

Pilihan terbaik untuk mengunduh video di IG adalah melalui aplikasi QuickSave. Aplikasi ini memungkinkan kamu dapat melihat sejumlah opsi jenis video. tepatnya, ukuran yang disediakan.

Ini memungkinkan pengunduhan tidak sampai memakan waktu. Bahkan, ukurannya pun tidak sampai memenuhi ruang penyimpanan dalam android.

Baca juga : Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus

Jika tertarik, pasang aplikasi ini ke dalam perangkat seluler. Setelah terpasang, tinggal copy link dan buka aplikasi. Langkah selanjutnya adalah menentukan opsi video dan menekan tombol download.

Apabila berhasil diunduh, akan ada notifikasi yang bertuliskan Save video Successfully! Kamu dapat mengeceknya di folder Unduhan.

  • Social Connect

Aplikasi social connect ini cukup menarik cara kerjanya. Betapa tidak, aplikasi ini memungkinkan pengunduhan serta melihat story IG tanpa terlihat.

Kalau kamu ingin mengunduh video, cukup salin lin pada kaun Instagram. Kamu tinggal melihat video hingga hasil unduhan dari Instagram Story atau semacamnya.

  • Screen Recorder

Pilihan terakhir dari cara download video di Instagram melalui aplikasi adalah menggunakan Screen recorder. Opsi ini bisa dikatakan memakan waktu. Tetapi, aplikasi ini tidak sampai membebani android lantaran bawaan dari ponsel.

Biasanya, ponsel baru sudah disematkan aplikasi tersebut. Ketika ingin mengambil videonya, cukup jalankan aplikasi dan putar videonya. Hasilnya, video akan terekam sesuai dengan keinginan.

Cara Download Video Instagram di PC

Cara download video di Instagram juga bisa dilakukan melalui PC atau laptop. Caranya pun cukup bervariasi. Salah satunya dengan memanfaatkan source code.

Bagaimana cara menjalankannya? Langkahnya bisa dimulai dengan membuka video IG di PC. Kemudian, klik kanan pada video dan pilih Inspect Element atau pun View Page Source.

Tekan CTRL + F bersamaan dan temukan file dengan ekstensi .mp4. Itu merupakan link unduhan dari video.

Silahkan salin tautan tersebut. Paste tautan di tab baru dalam browser. Hasilnya, video akan berputar sebagaimana mestinya.

Bila ingin dilakukan pengunduhan, cukup klik kanan dan pilih Save video As… Hasilnya, video tersebut akan terunduh oleh sistem secara otomatis.

Cara download video di Instagram tersebut bisa saja memakan waktu. Pasalnya, banyak sekali tahapan yang harus dilalui. Itu pun bisa membuat sebagian orang kebingungan.

Apabila ingin metode termudah, kamu sebenarnya cukup memaksimalkan situs yang menyediakan layanan download video. Di antaranya adalah DownloadGram dan SaveFrom.net.

Cara menggunakannya ialah copy dan paste tautan dari video Instagram. Sisanya, tekan tombol unduh untuk menjalankannya.

Kesimpulannya, cara download video di Instagram ini bisa dilakukan dari mana saja. Entah itu melalui smartphone atau PC. Kuncinya, pahami metodenya, maka berkas unduhan video dapat kamu simpan sepenuhnya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top