Cara Membuat Titik Titik Pada Daftar Isi

Cara Membuat Titik Titik Pada Daftar Isi Otomatis Di Word

Cara Membuat Titik Titik Pada Daftar IsiCara membuat titik titik pada daftar isi yang tersusun rapi bisa dilakukan secara otomatis. Kamu pun bisa melakukannya sendiri. Hasilnya, kamu tinggal melakukan pengisian tentang ringkasan bab hingga sub bab beserta nomor halamannya di sana.

Faktanya, masih banyak pengguna ms Word yang kebingungan untuk membuat format daftar isi yang rapi. Terlebih ketika dihadapkan dengan penempatan titik-titik yang posisi akhirnya selalu presisi.

Kebanyakan, seseorang melakukannya dengan menyalin halaman tersebut. Tentu saja, cara ini hanya dapat dilakukan ketika seseorang memiliki file mentahan dengan format tersebut.

Lantas, bagaimana jika tidak memilikinya? Di sini, kamu akan diajari bagaimana cara membuat titik titik pada daftar isi secara otomatis. Tentu saja, cara ini dapat kamu praktikkan di berbagai versi ms word.

Seputar Daftar Isi

Daftar isi atau Table of Content merupakan salah satu halaman yang tidak boleh dilewatkan dalam penulisan karya tulis. Baik itu buku, proposal, skripsi, tesis, hingga jurnal dan lain sebagainya.

Halaman ini berisi tentang susunan judul dan subjudul. Tentunya, ini menjadi penjelas bagi siapa pun yang membacanya. Yakni untuk memberitahukan tentang apa saja yang dibahas di dalamnya.

Daftar isi sendiri diletakkan persis di halaman awal dari sebuah buku. Peletakannya bukan tanpa alasan. Ini mengacu pada fungsi utamanya sebagai penjelas.

Pada dasarnya, fungsinya sebagai petunjuk bagi pembaca. Pembaca dapat menemukan letak halaman yang ingin dibacanya. Karena di dalam daftar ini, pembaca akan melihat sub bab bahasan dan nomor halamannya.

Sebagai penunjuk, tentu saja halaman ini harusnya dibuat serapi mungkin. Di dalamnya harus terdiri judul, sub judul dan angka sebagai penunjuk.

Kemudian, format susunan seharusnya lebih rapi. Tujuannya supaya lebih enak dibaca serta tidak membingungkan.

Keuntungan Membuat Daftar Isi Otomatis

Cara Membuat Titik Titik Pada Daftar Isi
Cara Membuat Titik Titik Pada Daftar Isi

Ada sejumlah keuntungan ketika kamu mempelajari cara membuat titik titik pada daftar isi. Meskipun tidak terlalu sering digunakan, setidaknya kamu akan merasa diuntungkan pernah mempelajarinya. Tepatnya bila sudah diaplikasikan. Nah, keuntungannya sebagai berikut.

Efisien Waktu

Sesuatu yang bisa dikerjakan lebih cepat tentu saja lebih menguntungkan. Ini pun berlaku pada saat kamu membuat daftar isi di sebuah karya tulis.

Pemformatan dibutuhkan untuk mempercepat proses penulisan. Ketika formatnya sudah teratur, kamu akan lebih mudah dalam mengisi seluruh daftarnya. Bahkan, mengisi titik-titik yang jumlahnya cukup banyak.

Kamu hanya perlu memanfaatkan tombol tab keyboard, otomatis sejumlah titik akan terisi sebagaimana mestinya. Kamu pun tidak perlu khawatir jika titik yang dimunculkan tidak presisi.

Baca juga : Aplikasi Screen Recorder Untuk PC

Hasil Lebih Rapi

Bicara tentang kerapian, tentu saja pemformatan khusus akan jauh lebih presisi. Sisi kanan dari halaman akan tampak lebih rata. Bahkan jika diisi dengan angka yang menunjuk pada halaman tiap bab.

Isinya akan tersusun sangat rapi. Ini membuat pembaca lebih mudah dalam mengetahui alurnya. Begitu pula, memudahkannya dalam menemukan bab yang ingin dibaca informasinya.

Cara Membuat Titik-Titik Daftar Isi di Word

Terdapat berbagai cara membuat titik titik pada daftar isi. Kerapian hasilnya pun bisa didapatkan. Kamu bisa menggunakan cara manual atau pun otomatis.

Cara Membuat Titik-Titik Panjang di Word Manual

Bisa dibilang jika cara manual merupakan pilihan dari sebagian pengguna. Itu pun tidaklah masalah. Toh, hasil yang didapatkan pun jauh lebih rapi. Bahkan, pengguna dapat melakukan menambah isi tanpa kesulitan.

Bagi kamu yang tertarik dengan cara manual, ada sejumlah langkah yang perlu kamu tempuh. Berikut ini langkahnya secara berurutan.

Buatlah Daftar Isi

Langkah awal, kamu perlu membuat sebuah daftar isi yang tersusun. Tepatnya, kerangka karangan yang ingin kamu tulis dalam sebuah karya.

Biasanya, ini dituliskan dari halaman judul, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan dan seterusnya. Kamu hanya perlu membuatnya secara urut. Karena, kerangka tulisan inilah yang akan diatur.

Seleksi Seluruh Daftar Isi

Setelah menyusun judul dari seluruh bab, kamu tinggal menyeleksi seluruh teks tersebut. Kamu cukup block semuanya untuk disetting kemudian.

Untuk mempermudahnya, kamu dapat menekan CTRL+A secara bersamaan. Otomatis, seluruh teks yang ada dalam halaman akan terseleksi.

Setting Halaman

Dalam cara membuat titik titik pada daftar isi, kamu perlu mengatur formatnya. Pengaturannya dilakukan setelah semua teks terseleksi.

Ketika sudah terseleksi, kamu hanya perlu klik kanan. Kemudian pilih opsi Paragraph. Hasilnya, muncul sebuah jendela baru untuk diatur lebih lanjut.

Jendela dari Paragraph terbuka, kamu perlu melakukan pengaturan lanjutan. Di sini, kamu hanya perlu menekan menu Tabs. Letaknya berada di pojok kiri bawah dari jendela tersebut.

Muncul lagi sebuah jendela baru dari menu Tabs. Kunci pengaturannya terletak di bagian ini.

Baca juga : Aplikasi Convert Video

Di bagian Tab Stop Position, isi angka sesuai dengan lebar halaman kerja. Kamu bisa berpatokan pada lebarnya dari ruler yang tampil. Kalau belum muncul, coba munculkan pada pengaturan view. Cukup centang menu ruler.

Standarnya, lebar dari halaman tersebut di kisaran 16,5 cm. Di sini, kamu cukup mengisi lebarnya di kisaran 16 cm agar titik yang dibuat masih menyisakan tempat untuk pengisian angka.

Kemudian pada Allignment, pilih Right. Karena, kamu hanya perlu mengatur rata kanan dari titik tersebut.

Sementara pada opsi Leader, pilih 2. Tujuannya agar titik-titik dapat dimunculkan.

Setelah semuanya sudah diatur, kamu tinggal memilih Set. Lanjutkan dengan menekan OK.

Manfaatkan Tombol Tab untuk Mengisi Titik

Ketika pengaturannya sudah dilakukan, kamu tinggal mengaplikasikan cara membuat titik titik pada daftar isi. Caranya hanya dengan memanfaatkan tombol Tab pada keyboard.

Langkahnya cukup dengan meletakkan kursor pada bagian bab yang ingin diisi dengan titik-titik. Letak kursor ini tepat di belakang teks. Setelah itu, tekan tombol Tab, maka titik-titik akan mengisi hingga batas lembar yang sudah diatur sebelumnya.
Untuk penomoran, kamu tinggal mengisinya tepat di bagian belakang titik. Lakukan pada seluruh bab. Maka, hasilnya akan lebih rapi.

Cara Membuat Titik Panjang di Word Otomatis

Bagi kamu yang sudah selesai mengerjakan seluruh isi bab namun belum mengatur halaman daftar isi, kamu bisa terapkan cara membuat titik titik pada daftar isi otomatis. Langkahnya pun sangat mudah.

Langkahnya hanya diawali dengan menandai setiap judul/bab sesuai levelnya. Yakni apakah masuk dalam kategori heading atau sub heading.

Pengaplikasiannya seperti ini. Buka halaman paling awal yang berisi bab. Contohnya adalah Pendahuluan.

Blok judul tersebut. Kemudian, tandai sebagai Heading 1. Caranya dengan memosisikannya melalui menu Style di Ms Word.

Begitu pula dengan judul dan sub bab di dalam sebuah karya tulis. Blok setiap sub bab dan tandai apakah masuk dalam heading 1 atau heading 2 dan seterusnya. Lakukan sampai sub judul terakhir dari sebuah karya tulis.

Jika sudah, buka lembar halaman kosong. Tempatkan di posisi awal dari karya tulis. Kemudian, buka menu References. Setelah itu, tekan menu Table of Contents serta pilih Automatic Table 1 atau 2. Hasilnya, daftar isi sudah terbuat secara rapi dan sudah dinomori otomatis.

Kesimpulannya, baik cara membuat titik titik pada daftar isi manual mau pun otomatis, metodenya cukup mudah. Namun bila ingin lebih cepat, tentu cara otomatis bisa dipilih. Berikut adalah rekomendasi laptop terbaik asus expertbook b9400 untuk pekerjaan kantoran dan pekerjaan berat lainnya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top