Cara Mengecek Aki Mobil

Cara Mengecek Aki Mobil

Aki mobil adalah sumber listrik dari seluruh komponen yang ada pada mobil, karenanya penting bagi Anda untuk selalu memeriksa kondisi aki mobil.

Mengecek aki mobil sebenarnya adalah hal yang mudah untuk dilakukan sendiri.

Cara paling umum menguji aki mobil adalah dengan mengecek lampu indikator pada dashboard, saat aki mengalami masalah biasanya lampu akan menyala.

Cara mudah lainnya untuk mengecek aki mobil adalah dengan melihat indikator elektrolit aki.

Caranya adalah dengan mencari indikator yang terdapat pada bagian atas aki mobil, jika Anda melihat bagian indikator berwarna biru artinya aki masih dalam kondisi sehat.

Namun namun apabila terlihat berwarna putih berarti aki kekurangan daya listrik dan harus segera dilakukan pengisian daya atau dicas. 

Kedua cara itu adalah cara memeriksa aki mobil tanpa alat bantu. Agar lebih yakin sebenarnya ada beberapa cara lebih akurat untuk mengetahui permasalahan aki mobil, berikut adalah caranya:

Gunakan Voltmeter

Ciri-ciri aki masih sehat atau tidak bisa Anda uji dengan mengetahui berapa tegangan voltase yang ada di dalamnya.

Karenanya mengecek aki mobil dengan voltmeter adalah salah satu cara paling akurat yang bisa Anda lakukan.

Begini adalah langkah yang bisa Anda lakukan saat mengecek aki mobil dengan voltmeter.

  • Matikan mesin mobil
  • Periksa dan bersihkan terminal aki dengan membuka tutup terminal positifnya
  • Gunakan kabel penyidik positif voltmeter yang biasanya berwarna merah, sambungkan pada terminal positif aki.
  • Sambungkan juga kabel penyidik negatif voltmeter ke terminal negatif aki.
  • Amati angka yang dihasilkan olej voltmeter. Biasanya aki yang sehat akan berada di antara 12,4 dan 12,7 volt. Jika tegangan aki berada pada angka lebih rendah dari 12,4 volt berarti Anda harus segera mengisi daya atau mengecasnya. Namun jika Anda mendapati aki berada pada tegangan lebih rendah dari 12,2 lakukanlah trickle charge atau pengisian lambat dan periksa kembali.

Memakai Power Probe

Cara lainnya untuk mengetahui apakah aki mobil mulai melemah adalah dengan menggunakan alat Power Probe. Alat ini bisa digunakan dengan cara:

  • Membuka tutup terminal positif aki.
  • Menyambungkan kabel penyidik positif Power Probe ke terminal positif pada aki. Sambungkan kabel penyidik negatif Power Probe ke terminal negatif aki.
  • Tempelkan ujung alat pengukur ke terminal positif aki. Amati alat pengukur untuk hasil pengukuran voltase.
  • Amati hasil pengukuran Power Probe. Apabila aki kalian berada dalam kondisi baik, voltasenya seharusnya berada di antara 12,4 dan 12,7 volt.

Cek Aki Mobil dengan Mengengkol Mesin

Cara kali ini butuh tenaga ekstra dari Anda untuk mengengkol mesin. Yang perlu Anda lakukan adalah meng-engkol mesin dengan memutar kontak sampai start dan tahan selama 2 detik.

Anda bisa meminta bantuan seseorang untuk mengecek berapa voltase aki sementara Anda mengengkol mesin. Amati hasil pengukuran dengan Power Probe, hasilnya seharusnya tidak boleh lebih rendah dari 9,6 volt.

Mengapa? Aki dengan hasil pengukuran lebih rendah dari 9,6 volt berarti telah mengalami penimbunan sulfat yang mengakibatkan tak lagi mempunyai daya tampung listrik bahkan tidak lagi bisa dicas. Sehingga jalan satu-satunya agar mobil bisa berfungsi normal adalah dengan mengganti aki dengan yang baru.

Tips juga bagi Anda yang ingin mengisi ulang aki, pastikan tempat pengisian aki mobil sudah sesuai standar. Kunjungi bengkel resmi Suzuki terdekat untuk mendapatkan pelayanan seputar pemeriksaan aki mobil yang lebih rinci dan akurat. Aki mobil jadi selalu dalam kondisi sehat dan terawat.

Rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top