Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Anti Gagal

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop – Kehilangan file penting bisa membuat frustrasi. Terlebih file tersebut kamu kerjakan hingga berhari-hari. Untungnya, kamu masih bisa bernapas lega. Pasalnya, terdapat beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di laptop.

Metode tersebut memungkinkan kamu dapat memulihkan file yang hilang akibat terhapus secara sengaja atau tidak sengaja. Tentunya, kamu bisa mengembalikannya bila mengetahui langkah memulihkannya.

Jika kamu sedang mencari metodenya, mari pelajari cara mengembalikan file yang terhapus di laptop ini. Kamu bisa menggunakan salah satu cara yang sekiranya lebih mudah untuk diaplikasikan.

Penyebab File Laptop Terhapus

Sebelum mengulas tentang cara mengembalikan file yang terhapus di laptop, kamu mungkin perlu mengetahui faktor apa saja yang bisa menimbulkan terhapusnya file. Dan ini harusnya disadari supaya kejadian serupa tidak terulang. Secara umum, terhapusnya file dari laptop disebabkan oleh faktor berikut.

Perangkat Keras Gagal Update

Kegagalan perangkat keras ketika update menjadi masalah yang sering dirasakan oleh pengguna. Dan ini pun memiliki dampak terhadap konten yang terdapat dalam perangkat itu sendiri.

Kegagalan update dapat menghapus sejumlah file. Baik itu file berupa dokumen, video mau pun foto.

Serangan Virus

Faktor lain yang bisa memicu hilangnya file dalam laptop adalah serangan virus. Serangan ini membuat file menjadi corrupt. Tidak jarang jika file akan terhapus secara otomatis.

Virus sendiri bisa masuk ke dalam perangkat melalui berbagai kegiatan. Contohnya sering menghubungkan Flashdisk dengan laptop atau sering terhubung dengan internet.

Sebenarnya, masalah ini bisa dicegah dengan menyematkan anti virus. Hanya saja, anti virus yang digunakan harusnya selalu up to date. Tujuannya agar perlindungan yang diberikan lebih baik.

Kecerobohan Pengguna

Faktor yang menyebabkan hilangnya data penting dalam laptop juga bisa berasal dari kecerobohan penggunanya sendiri. Dan ini lebih sering terjadi ketimbang faktor sebelumnya.

Kecerobohan ini bisa apa saja. Kamu mungkin menghapusnya secara tidak sengaja. Contohnya menghapus all document dalam satu folder yang berisi aneka macam dokumen.

Selain itu, kamu membiarkan dokumen dapat di akses siapa saja. Kamu meletakkannya di sembarang folder. Kemungkinannya, anak kecil atau orang lain tidak sengaja menekan tombol khusus yang bisa menghapus file tersebut.

Apakah Bisa Mengembalikan File yang Terhapus Permanen?

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

Biasanya, pengguna baru menyadari kehilangan file setelah ingin membuka file tersebut. Ketika dicari, file tersebut tidak ditemukan sama sekali. Dan inilah yang membuat seseorang bingung.

Jika kamu mengalaminya, kamu mungkin panik. Terlebih ketika file tersebut sifatnya sangat penting. Dan kamu ingin segera menggunakannya.

Baca juga : Cara Download Video Di Instagram

Pada dasarnya, file yang terhapus secara permanen ini masih bisa dikembalikan. Tentunya, kamu harus mengetahui cara mengembalikan file yang terhapus di laptop.

File tersebut sebenarnya masih melekat pada folder lain. Hanya saja, lokasinya yang berpindah dari tempat penyimpanan sebelumnya.

File terhapus ini akan tersimpan di Recycle Bin. Fitur ini sebenarnya disediakan oleh Microsoft. Fungsinya untuk memberikan kesempatan bagi pengguna dalam mengembalikan file tersebut.

Sederhananya, kamu masih berkesempatan untuk memulihkan file yang terhapus secara permanen. Hanya saja, pastikan untuk memenuhi persyaratannya.

Syaratnya, hentikan untuk mengoperasikan beberapa sistem di laptop. Khususnya yang berkaitan langsung dengan pengetikan di Ms Word dan kawan-kawannya.

Alasannya, nama dokumen tidak akan ditulis ulang oleh sistem. Artinya, ini masih memungkinkan kamu untuk menemukannya dalam sistem. Bahkan, sangat mungkin untuk mengembalikannya.

Bagaimana Cara Memulihkan File yang Terhapus di Laptop?

Jika benar bisa memulihkan data, lantas bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di laptop tersebut? Berikut ini opsi yang dapat kamu gunakan.

  • Manfaatkan Recycle Bin

Metode pertama yang paling mudah ialah memanfaatkan fitur recycle bin. Fitur ini berfungsi untuk menyimpan sejumlah file yang dihapus. Baik disengaja atau tidak.

Hanya saja, file tersebut akan tersimpan sementara. Biasanya, file akan bertahan hingga 30 hari ke depan. Setelah lebih dari itu, file akan terhapus secara permanen.

Ketika recycle bin masih menyimpan file, kamu cukup beruntung. Kamu bisa masuk ke fitur tersebut. Lantas, temukan file yang kamu perlukan.

Untuk mengembalikannya, cukup tekan file tersebut. Kemudian, pilih opsi restore. Hasilnya, file akan kembali ke folder penyimpanan sebelumnya.

Di samping itu, pastikan bahwa kamu tidak mengosongkan recycle bin. Baik itu secara manual atau pun menggunakan aplikasi pembersih cache dan sampah di laptop. Jika dihapus, sudah pasti file tidak akan ditemukan lagi di folder tersebut meskipun belum genap 30 hari.

  • Optimalkan Restore Files

Bisa dikatakan jika ini merupakan metode lanjutan. Metode ini dapat digunakan ketika kamu sudah tidak menemukan file di recycle bin.

Kamu masih mungkin mengembalikan file tersebut. Tentunya dengan memanfaatkan restore files. Ini akan berjalan ketika kamu mengoperasikan windows 10.

Baca juga : Cara Membuat Akun PayPal

Langkah menggunakannya ialah dengan menekan menu Start. Lanjutkan dengan mengetik Restore Files. Kemudian, tekan Enter untuk mengaksesnya.

Di sini, kamu hanya perlu menemukan file atau folder yang telah terhapus. Jika sudah ketemu, tinggal pilih Restore.

Apabila kamu tidak menemukan folder/file yang terhapus, kemungkinan penyebabnya adalah mematikan file history. Untuk itu, kamu sebaiknya mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu.

  • Gunakan Restore Previous Versions

Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop selanjutnya adalah memanfaatkan fitur restore previous versions. Kamu pun bisa menggunakannya tanpa kesulitan.

Langkahnya diawali dengan membuka menu Start. Pada kolom pencarian, ketik System Protection dan tekan Enter.

Selanjutnya, pilih hard drive yang berada di bawah Protection Settings. Kemudian, klik Configure.

Tahapan paling menentukannya adalah memilih turn on system protection. Tekan OK, kamu sudah siap untuk memulihkan file terhapus. Tinggal pilih file/dokumen mana yang paling ingin kamu kembalikan.

  • Manfaatkan Aplikasi Recuva

Recuva menjadi senjata andalan terakhir dari cara mengembalikan file yang terhapus di laptop. Ini merupakan software file recovery yang sangat bagus.

Betapa tidak, file yang sudah tidak ditemukan di recycle bin masih dapat dilacak. Nantinya, kamu tinggal memilihnya jika ingin mengembalikannya.

Yang paling penting, kamu tidak merasa kebingungan dalam menjalankan aplikasinya. Karena bila sudah terpasang, kamu tinggal membukanya dan aplikasi akan segera memindai.

Untuk bisa menggunakannya, cukup unduh terlebih dahulu aplikasinya. Kemudian, install ke dalam perangkat laptop.

Apabila sudah terinstall, kamu dapat segera menjalankannya. Buka aplikasi dan ikuti arahannya dalam mengembalikan file. Biasanya, kamu perlu menunggu beberapa detik hingga proses pemindaian selesai.

Setelah itu, carilah file yang kamu butuhkan. Kemudian, kembalikan melalui fitur yang terdapat dalam aplikasi tersebut.

Kesimpulannya, file terhapus masih bisa diselamatkan. Kamu tidak perlu khawatir berlebihan. Karena, kamu punya kesempatan untuk mendapatkannya kembali.

Kamu bisa mengawali pencarian file dari recycle bin. Jika tidak menemukannya, gunakan cara mengembalikan file yang terhapus di laptop lainnya. Namun yang paling cepat, kamu bisa menggunakan aplikasi file recovery. Kami juga merekomendasikan artikel tentang cara ss laptop asus untuk kamu baca.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top