Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus

Beberapa Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus dan Anti Gagal

Cara Mengembalikan Foto Yang TerhapusFoto tiba-tiba terhapus di ruang penyimpanan Android? Kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa mengaplikasikan cara mengembalikan foto yang terhapus dengan sukses.

Foto merupakan kenangan yang mengingatkan seseorang. Sebagai kenangan, kamu tentunya tidak mau kehilangannya. Masalahnya, ada kalanya kamu melakukan kesalahan yang membuat foto terhapus begitu saja dari perangkat android.

Terhapusnya foto ini terkadang menimbulkan penyesalan. Terlebih, foto tersebut merupakan kenangan yang mengingatkan momen kebersamaan dengan orang spesial.

Jika ini terjadi, kamu tidak perlu khawatir berlebihan. Kenyataannya, foto tersebut masih melekat dalam sistem android.

Kamu masih berkesempatan untuk memulihkannya. Di sini, kamu akan mempelajari bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus tersebut.

Cara Memulihkan Foto Terhapus Tanpa Aplikasi

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus
Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus

Memulihkan foto yang sudah terhapus di android bukan hal yang rumit. Kamu bisa menggunakan fitur bawaan android. Artinya, kamu tidak membutuhkan aplikasi tambahan untuk memulihkannya.

Pemulihan seperti ini pun lebih menjanjikan. Pasalnya, kamu tidak perlu membebani perangkat seluler dengan menginstall aplikasi tambahan.

Yang paling penting, data seperti foto dapat dikembalikan. Nah, apa nama fiturnya dan bagaimana cara menggunakannya?

Fitur yang dimaksud adalah Google Photos. Fitur ini sudah tersedia di perangkat seluler. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengembalikan foto yang telah terhapus.

Bila kamu ingin memulihkan foto yang terhapus, kamu cukup buka aplikasi/fitur tersebut. Setelah itu, tekan garis tiga yang terletak di pojok atas kanan perangkat.

Ada sejumlah menu yang tampil. Kamu cukup memilih menu Trash. Di dalam menu ini, kamu akan menemukan sejumlah foto yang sudah kamu hapus sebelumnya.

Silahkan pilih foto yang ingin dikembalikan. Caranya dengan menekan foto tersebut. Lantas, tekan opsi restore. Maka, foto tersebut akan kembali tersimpan di memori internal android.

Syarat utama agar cara ini berhasil, Google Photos sudah terhubung dengan akun Gmail. Selain itu, foto yang terhapus masih dalam rentang waktu 60 hari.

Apabila syarat ini dipenuhi, kamu bisa mengoptimalkan fitur bawaan android. Tentunya, ini jauh lebih aman dan ringan. Tak ayal jika metode ini lebih direkomendasikan ketimbang metode lainnya.

Aplikasi untuk Mengembalikan Foto Terhapus

Ketika menggunakan Google Photos tidak berhasil, solusinya adalah menggunakan aplikasi. Di sini, kamu akan mengetahui cara mengembalikan foto yang terhapus melalui aplikasi. Dan daftar aplikasi yang dapat kamu optimalkan sebagai berikut.

  • Dumpster

Salah satu aplikasi terbaik untuk memulihkan foto yang terhapus adalah aplikasi dumpster. Aplikasi ini cukup diandalkan oleh pengguna android.

Alasannya, aplikasi tersebut cukup ringan. Ini bisa dilihat dari ukuran file yang hanya sekitar 14 MB saja.

Ukuran yang kecil memungkinkan aplikasi tidak memenuhi ruang. Tentu saja, kinerjanya pun tidak memberatkan ponsel.

Kamu dapat mengunduhnya di Playstore. Unduh dan manfaatkan aplikasinya untuk memulihkan data yang terhapus.

Aplikasi ini bekerja layaknya seperti cloud storage. Artinya, aplikasi tersebut akan menyimpan sejumlah data secara otomatis.

Daya akan tersimpan rapi di dalam bin dumpster. Ketika kamu menghapus foto dari android, foto tersebut sebenarnya masih ada di dalam aplikasi.

Kamu punya kesempatan untuk mengembalikannya. Cukup masuk ke bin dumpster, lantas gunakan restore foto yang terdapat di dalamnya. Hasilnya, foto kesayanganmu kembali ke tempat penyimpanan android.

  • DiskDigger

Cara mengembalikan foto yang terhapus selanjutnya menggunakan aplikasi DiskDigger. Aplikasi tersebut bisa dikatakan jauh lebih bagus.

Ini dibuktikan dengan data unduhan di play store. Tercatat jika aplikasi tersebut sudah diunduh hingga 100 juta kali.

Total unduhan ini sudah cukup untuk menggambarkan kualitas dari aplikasi. Bahkan, cukup terjamin dalam hal keamanan.

Menariknya lagi, aplikasi ini pun memiliki ukuran lebih kecil. Ukuran filenya hanya sekitar 3,6 MB. Namun begitu, kemampuan dalam mengembalikan file cukup teruji.

Sekedar informasi saja, aplikasi ini membutuhkan izin root setelah pengunduhan dilakukan. Kalau kamu tidak ingin melakukannya, kamu akan mendapatkan layanan terbatas. Tetapi, itu sudah cukup untuk memulihkan foto.

Apabila kamu ingin menikmati layanan secara utuh, kamu bisa melakukan root android. Di sini, kamu akan memperoleh banyak keuntungan.

Tidak hanya foto saja yang dapat kamu pulihkan. Video yang terhapus cukup lama pun dapat dikembalikan.

Penggunaannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu memindai dan menemukan file tersebut.

Langkahnya diawali dengan mencari folder yang terhapus. Kemudian tekan Format, lanjutkan OK untuk proses pemindaian.

Tunggu sampai pemindaian berakhir. Kamu akan menemukan berbagai jenis file yang sudah terhapus sebelumnya. Kamu cukup mencarinya dan memilihnya dengan menekan tombol Save.

  • DigDeep Image Recovery

Alternatif lainnya dari cara mengembalikan foto yang terhapus adalah menggunakan DigDeep Image Recovery. Aplikasi ini juga cukup ampuh dalam memulihkan data yang hilang.

Menariknya, aplikasi DigDeep ini dapat mengembalikan file dari memori internal dan eksternal. Jadi, seluruh file yang kamu hapus kemungkinan dapat dipulihkan.

Mengenai cara kerjanya, aplikasi akan melakukan scanning. Hasil scanning ini akan memperlihatkan sejumlah file yang hilang. Tidak terkecuali dengan foto. Uniknya, aplikasi ini akan berjalan otomatis ketika kamu membukanya.

Kamu cukup memilih fotonya. Kemudian, kembalikan foto yang telah dipilih. Kamu bisa memeriksa keberhasilan cara mengembalikan foto yang terhapus ini di memori internal HP.

  • Undeleter Recover File

Aplikasi yang memiliki fungsi serupa dalam memulihkan file terhapus adalah Undeleter Recover File. Ukuran filenya sekitar 17 MB. Tentunya, masih cukup ringan bagi perangkat android.

Ketika menggunakannya, kamu perlu memberikan izin bagi aplikasi untuk mengakses root. Jika sudah, kamu bisa menekan Restore File.

Pada cara mengembalikan foto yang terhapus ini, kamu diberikan dua opsi. Opsi pertama adalah Journal Scan yang memungkinkan perangkat untuk memindai seluruh file yang terhapus.

Opsi kedua adalah Deep Scan. Opsi ini bekerja khusus untuk memilih file mana yang ingin dipindai.

Kamu bisa memilih salah satunya. Jika sudah, cukup tekan Scan. Hasilnya, kamu dapat memilih file yang tampil untuk direcover. Cukup tekan logo di area tersebut agar proses pemulihan foto berjalan.

  • Deleted Photo Recovery

Bisa dibilang jika aplikasi ini dikhususkan untuk mengembalikan file foto. Artinya, kamu tepat jika menggunakan aplikasi Deleted Photo Recovery.

Cara menggunakannya pun jauh lebih simpel. Kamu hanya perlu memindai seluruh foto yang pernah kamu simpan. Kemudian, kembalikan foto tersebut ke tempatnya seperti sedia kala.

  • Restore Image

Opsi terakhirnya adalah aplikasi Restore Image. Aplikasi ini sangat cocok untuk memulihkan foto yang sudah terhapus lama.

Menariknya, pengguna tidak perlu rooting android. Jadi, kamu tidak akan kesulitan dalam mengoptimalkan layanan.

Cukup unduh dan install aplikasi tersebut. Kamu pun tidak dikenai biaya untuk pengunduhan.

Setelah selesai, kamu bisa menggunakannya. Contohnya restore foto yang selama ini kamu cari.

Kesimpulannya, cara mengembalikan foto yang terhapus bisa dilakukan melalui aplikasi atau tanpa aplikasi. Jika tidak mau ribet, gunakan Google Photos. Tetapi bila belum berhasil, solusi terakhirnya ialah memanfaatkan aplikasi seperti disebutkan di atas.

Rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top