Cara Mengetahui Password Wifi

Cara Mengetahui Password Wifi, Mudah dan Aman

Cara Mengetahui Password WifiInternet kini sudah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan. Berbagai cara pun dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Mulai dari beli paket data hingga memanfaatkan jaringan wifi. Masalahnya adalah kebanyakan jaringan wifi itu dipassword. Nah, kali ini kami akan berikan informasi tentang cara mengetahui password wifi.

Koneksi internet berbasis jaringan wifi umumnya lebih cepat dibanding jaringan seluler. Tak hanya itu, menggunakan jaringan wifi dapat menghemat paket data.

Diakui atau tidak, sejak pandemi banyak masyarakat yang memilih untuk memasang wifi di rumahnya. Ini tidak lepas dari kondisi yang menuntut semuanya dilakukan secara daring. Mulai dari pembelajaran hingga bekerja pun dilakukan secara online.

Dibanding dengan memenuhi kebutuhan internet lewat jaringan seluler, opsi memasang jaringan wifi dipandang lebih efisien, di samping ekonomis. Maka tak heran, pemasangan jaringan wifi di masyarakat kian menjamur, semata-mata untuk memenuhi kebutuhan internet guna menunjang aktivitas pembelajaran dan bekerja.

Cara Mengetahui Password Wifi
Cara Mengetahui Password Wifi

Hanya saja, kebanyakan jaringan wifi itu diproteksi menggunakan password. Adalah wajar, toh hal itu dilakukan semata-mata untuk membatasi penggunaan di satu sisi, dan hak pribadi si empunya di sisi lain, karena si empunyalah yang berlangganan.

Maka jangan heran ketika kita mencoba menyalakan akses wifi di perangkat ponsel ataupun laptop, lalu menemukan beberapa jaringan wifi yang terpindai dalam kondisi terproteksi. Sehingga untuk bisa tersambung ke jaringan wifi tersebut kita harus memasukkan password sebagai ijin aksesnya.

Masalahnya yang tahu password wifi itu hanya si empunya. Sementara kita yang mendeteksi belum tentu mengetahui passwordnya. Sehingga kadang membuat kita tertarik untuk membobolnya dengan cara memasukkan password secara asal.

Sebetulnya cara untuk mengetahui password wifi itu tidaklah sulit. Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi “pembobol” wifi yang tersedia secara gratis di PlayStore ataupun AppStore. Tinggal install saja aplikasi “pembobol” wifi di perangkat yang digunakan. Lalu jalankan hingga proses pembobolan password berhasil. Selesai.

Nah, artikel ini akan mengulas cara mengetahui password wifi, baik tanpa maupun menggunakan aplikasi. Baik melalui perangkat ponsel ataupun laptop. Karenanya, silakan simak isi artikel ini hingga tuntas.

Baca juga : Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi

Menayakan Langsung ke Si Empunya

Cara mengetahui password wifi bisa dilakukan dengan menanyakan langsung ke si empunya jaringan. Cara ini merupakan cara teraman dan lebih beradab. Asal mau bertanya, dan jelaskan kalau kita sedang membutuhkan akses internet.

Kami kira cara ini merupakan cara paling recommended untuk dicoba. Selain lebih beradab, cara mengetahui password wifi dengan menanyakan langsung ke si empunya jaringan termasuk cara paling aman dan praktis.

Misal Anda sedang di kafe yang memang menyediakan jaringan wifi namun dipassword. Kebetulan Anda sedang butuh akses internet via wifi karena mungkin kuota internet ponsel Anda habis atau karena alasan yang lainnya. Tinggal tanyakan saja passwordnya ke pelayan.

Atau misal Anda ingin terhubung ke jaringan wifi yang dipassword milik tetangga. Entah karena memang sedang tidak punya kuota internet, atau karena alasan lain. Tinggal tanyakan saja passwordnya dan jelaskan kalau Anda sedang butuh akses internet, serta beritahukan juga alasan kenapa Anda butuh akses internet via jaringan wifi yang ia pasang.

Menggunakan Aplikasi Wifi Master

Untuk mengetahui password wifi juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi Wifi Master. Tapi ingat, aplikasi ini bukanlah aplikasi pembobol wifi, ya. Aplikasi ini hanyalah alat untuk melihat informasi jaringan wifi secara detil. Termasuk password yang digunakannya.

Cara mengetahui password wifi via aplikasi Wifi Master ini hanya berlaku untuk kasus jaringan wifi yang sebelumnya pernah terhubung, namun Anda lupa passwordnya. Untuk menggunakannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Silakan unduh dan install aplikasi Wifi Master pada perangkat yang Anda gunakan. Anda bisa mengunduhnya di PlayStore atau AppStore.
  • Setelah berhasil diinstall, silakan buka atau jalankan aplikasi tersebut.
  • Berikan ijin bila muncul beberapa pop-up permission saat menjalankan aplikasi.
  • Pastikan kalau perangkat ponsel atau laptop Anda pernah terhubung sebelumnya ke jaringan yang dituju.
  • Silakan pilih “Sambungkan”. Tunggu hingga proses analisis kata sandi yang dilakukan oleh aplikasi selesai.
  • Jika sudah, perangkat Anda pun secara otomatis akan langsung tersambung ke jaringan wifi yang dimaksud. Selesai.

Menggunakan Aplikasi Wifi Test

Cara mengetahui password wifi berikutnya bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikadi Wifi Test. Tidak seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini punya kemampuan untuk menganalisis password atau kata sandi wifi dengan mudah, dan bahkan tanla harus rooting HP terlebih dahulu.

Selain itu, aplikasi ini juga tidak mengharuskan perangkat yang Anda pakai itu pernah tersambung sebelumnya. Artinya, jaringan wifi baru yang terdeteksi dan belum pernah tersambung pun dapat diketahui password atau kata sandinya.

Hanya saja, aplikasi ini bisa diinstal di OS Android minimal Lollipop dan hingga Marshmallow. Sementara untuk OS Android di atas kedua jenis tersebut, pengembang tidak menyarankan. Namun bila Anda penasaran ingin mencobanya, silakan dicoba saja.

Baca juga : Cara Mengatasi Lupa iCloud

Bagaimana cara menggunakannya? Silakan ikuti step-step berikut ini:

  • Silakan unduh dan install aplikasi Wifi Test pada ponsel Android yang Anda gunakan. Anda bisa mengunduhnya di PlayStore atau AppStore yang tersedia.
  • Jika sudah terpasang, silakan buka atau jalankan aplikasi tersebut. Biarkan proses pemindaian jaringan berjalan.
  • Kemudian pilih jaringan wifi target yang hendak diketahui kata sandinya.
  • Pilih opsi jaringan wifi yang ada tulisan “Wifi Support”, lalu klik “OK”.
  • Silakan tunggu. Nanti akan muncul sebuah pemberitahuan yang berisi teks “The setup can take up two minute to complete”.
  • Nah, bila proses berhasil, maka akan muncul teks pemberitahuan, “Koneksi Sukses”.
  • Silakan cek kembali dengan cara masuk ke “Pengaturan” pada ponsel, lalu masuk ke “Wifi”. Apakah perangkat sudah benar-benar tersambung atau tidak. Selesai.

Mengetahui Password Wifi Lewat Web Admin Router

Berikutnya cara untuk mengetahui password wifi dapat dilakukan lewat web admin router. Konon, cara ini diklaim sebagai cara paling ampuh. Lantaran langsung menuju ke jantung persoalan, yaitu admin.

Namun satu hal yang perlu Anda catat, cara ini mengharuskan Anda untuk mengetahui username dan password web admin router terlebih dahulu. Jangan khawatir, nanti kami berikan username dan kata sandi login default tiap-tiap admin router yang umum digunakan.

Kembali ke pembahasan. Apabila pemilik wifi tidak mengubah kara sandi bawaan dengan kata sandi yang rumit, Anda bisa mencobanya dengan kata sandi asli. Namun ingat, jangan sesekali mengubah apa pun dari isi web admin router ini.

Untuk langkah-langkahnya silakan simak poin-poin berikut:

  • Silakan cek dan pastikan ponsel terhubung ke jaringan wifi target.
  • Lalu silakan masuk ke menu “WiFi” di “Pengaturan” untuk melihat IP Address. Kemudian simpanlah kombinasi angka IP Address.
  • Selanjutnya bukalah aplikasi browser yang ada di HP kamu. Silakan ketik pada bagian kolom URL dengan kombinasi angka IP Address tadi. Apabila akses gagal, Anda bisa mencoba satu per satu dari beberapa pilihan IP Address router berikut ini:

192.168.0.1 ; 192.168.1.1 ; 192.168.2.1 ; 192.168.100.1 ; 192.168.1.254 ; 10.0.0.1 ; 10.0.0.2 ; 10.0.1.1 ; 10.10.1.1

  • Apabila sudah berhasil masuk ke halaman web admin router, Anda akan diminta kata sandi dan username. Jika tidak ada perubahan, Anda dapat menggunakan username dan kata sandi default yang akan dijelaskan nanti.
  • Berikutnya jika berhasil masuk, silakan menuju ke bagian “Network”, lalu ke “WLAN”, kemudian ke bagian “Security”.
  • Selanjutnya pada bagian “WPA Passphrase”, jika ada simbol bintang, bisa klik pada “AES” di bagian “WPA Encryption Algoritm”, nantinya kata sandi akan terlihat.
  • Silakan tutup dengan klik “Submit”. Namun ingat, jangan ada perubahan apa pun. Biarkan saja. Selesai.

Nah, berikut adalah username dan kata sandi login default ke web admin router:

username password
Modem Huawei

telecomadmin:

admintelecom
telecomadmin: zep2kjzol
user admin
Admin Admin
Admin admin
admin admin

root

admin

Support theworldinyourhand
admin Yu9j#4a!rth#y
admin [email protected]#m
admin [email protected]!e8ow&q#u
admin Qc!80ebor3#to#b
admin

[email protected]!n03g4r6#f

Modem ZTE
root support
admin Telkomdso123
admin zep2kjzol
user user
user admin
support support
Modem Fiberhome
admin admin
admin %0|[email protected]!berhO3e
root admin
user user1234
support theworldinyourhand
support support

Demikian informasi tentang cara mengetahui password wifi yang bisa kami berikan. Semua opsi yang telah dikemukakan kami kira sangat bisa Anda lakukan. Semoga bisa bermanfaat. Selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top