Cara Menghapus Akun Google Di Handphone

Yuk Simak Cara Menghapus Akun Google Di Handphone

Cara Menghapus Akun Google Di HandphoneAkun Google tentunya menjadi media yang sangat diperlukan untuk mengakses segala sosial media yang terdapat di ponsel saat ini. Hampir semua pengguna ponsel android terlebih ketika ingin mendaftar suatu aplikasi, Namun bermasalahnya akun google yang dibuat, atau rentanya akun google tertinggal diperangkat ponsel teman membuat sebagian orang berusaha menemukan cara menghapus akun google di handphone

Banyak orang kesulitan untuk menghapus akunnya. Ada yang hampir berhasil namun tetap tidak dapat menghapusnya dengan baik. Lalu apakah ada cara terbaik untuk melakukannya supaya berahasil? Tentu saja ada. Jika kamu mengalami permasalahan seperti di atas maka kamu perlu membaca tips dan trik menghapus akun google berikut ini ! 

Pengertian Akun Google

Cara Menghapus Akun Google Di Handphone
Cara Menghapus Akun Google Di Handphone

Sebelum mengetahui cara untuk menghapus akun google. Ada baiknya kamu paham pengertian akun google terlebih dahulu, dan fungsinya. 

Apa itu akun google?

Akun google atau google account merupakan akun pendaftaran yang berfungsi sebagai penghubung dalam mengakses berbagai layanan google seperti google playstore yang biasanya sebagai wadah mendownload berbagai aplikasi resmi android, kemudian web history, google groups, google meet dan juga sebagai penghubung akun sosial media seperti youtube, instagram, facebook juga membutuhkan akun google atau disingkat gmail.

Akun google menjadi tempat login berbagai  sosial media dan situs-situs tertentu, yang mana  berbagai situs telah terintegrasi dengan google sehingga memudahkan semua akun login hanya dengan satu pintu. Aku ini terdiri dari alamat email dan sandi.

Untuk biaya akses sendiri, akun google sangat ramah karena memberi akses secara gratis, dibanding beberapa akun berbayar lainnya. Saat kamu membeli ponsel baru juga diwajibkan untuk memiliki akun google sebagai pembuka pintu untuk mendaftar berbagai sistem log-in aplikasi lain, seperti game online, sosial media , aplikasi berbelanja dan situs-situs penting lainnya.

Beberapa cara menghapus akun Google di handphone

Ada banyak orang yang merasa bingung bagaimana cara menghapus akun Google di handphone. Terkadang mereka rela mengeluarkan uang untuk membayar jasa orang lain untuk menghapusnya. Padahal, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan di rumah bahkan tanpa menggunakan alat khusus. Bagaimana caranya? Simak ulasan yang terdapat di bawah ini.

Baca juga : Cara Mengganti Wallpaper Laptop

Cek Data Terlebih Dahulu

Sebelum kamu memutuskan untuk menghapus akun Google, ada baiknya anda memeriksa kembali data-data yang terdapat di dalamnya. Pindahkan data-data yang menurut kamu penting ke penyimpanan yang kamu miliki baik internal maupun eksternal. Kamu mungkin memerlukan solusi untuk mengunduhnya satu persatu. Tidak apa apa. Bukankah itu lebih baik daripada Anda kehilangan data-data penting?

Banyak orang menyepelekan langkah ini ketika mereka mencari informasi mengenai cara menghapus akun Google di handphone tak sedikit juga yang harus gigit jari karena kehilangan sebagian besar data-data penting di dalamnya. Perlu diperhatikan jika akun Google tidak hanya menampung pesan email saja, tetapi juga termasuk foto, video serta dokumen-dokumen lainnya yang mungkin bersifat pribadi. 

Misalnya ketika kamu punya akun google drive yang menyimpan berbagai file agenda-agenda maupun projek penting. Perlu di saring dan dipindahkan dahulu file tersebut supaya tidak ikut terhapus ketika akan menghapus akun google.

Menyiapkan Akun Google Lainnya

Cara menghapus akun Google di handphone berikutnya adalah dengan cara membuat akun Google lainnya yang digunakan sebagai cadangan. Ini dikhususkan untuk kamu yang menjadikan akun Google sebagai alamat email utama ketika menggunakan sosial media dan aplikasi online lainnya. Misalnya saja kebutuhan perbankan yang sangat rawan dan butuh perlindungan lebih.

Pastikan anda untuk memiliki akun Google cadangan yang nantinya akan membackup email anda di dalamnya. Caranya adalah dengan menambahkan akun Google yang telah anda buat lalu lakukan backup email.

Tak usah khawatir, akun google dapat dibuat dengan mudah. Serta tak memerlukan banyak data. Siapkan saja informasi-informasi penting seperti tanggal lahir, nama akun serta beberapa data pribadi lainnya.

Kemudaian sering lah update informasi terbaru tentang cara untuk menghapus akun google di handphone, Walaupun cara ini jarang dilakukan oleh sebagian besar orang namun ada baiknya anda tetap mempraktikkan agar kelak jika sewaktu-waktu memerlukannya Anda sudah tahu cara menghapus akun google di handphone dengan baik. 

Baca juga : Cara Mengganti Background Foto Di HP Tanpa Aplikasi

Langkah- langkah menghapus akun Google

Ada beberapa langkah yang digunakan dalam menghapus akun google. Berikut kami sajikan untuk memudahkan kamu. Pilihlah langkah paling tepat dan cepat sesuai dengan kebutuhan kamu !

Langkah pertama

Setelah kamu mengetahui berbagai cara menghapius akun google di handphone sekarang cobalah praktekkan dengan langkah langkah berikut ini.

Namun terlebih dahulu pastikan  kamu memiliki baterai daya yang optimal agar proses penghapusan akun tidak terkendala oleh hal-hal yang sepele.

  1.  Bukalah menu pengaturan yang terdapat di ponsel kamu . 
  1. lalu pilih akun, kemudian pilih opsi Google. Opsi ini biasanya akan langsung terbuka begitu anda memilih menu akun yang terdapat dalam pengaturan. 
  2. Kemudian kamu  akan melihat beberapa daftar akun Google yang terdapat di ponsel. Dalam satu ponsel biasanya orang bisa memiliki lebih dari satu akun yang dikelola baik secara pribadi maupun organisasi.
  3. Lalu kamu dapat memilih akun mana yang ingin anda hapus dengan cara memilih menu hapus akun. 
  4. Tunggu beberapa saat serta jangan keluarkan perangkat sampai proses penghapusan berhasil, dan selesai.

Jika cara tersebut masih belum berhasil, kamu dapat menggunakan opsi memahami langkah-lagkah menghapus akun Google di handphone berikut ini

Langkah Kedua Menghapus Akun Google

  1. buka fitur bernama google mail yang dimiliki oleh semua jenis ponsel android. 
  2. Lalu kamu dapat memilih ikon berbentuk strip tiga yang terdapat di bagian atas kiri.
  3.  Jika berhasil kamu akan menemukan informasi email yang terdapat di dalam perangkat kamu.
  4.  Sama seperti langkah sebelumnya, pilih akun email mana yang akan kamu hapus.
  5. Berikutnya pilih menu manage account lalu anda akan masuk ke pengaturan akun Google setelah beberapa saat.
  6. Terakhir, pilih akun Google Mail yang ingin anda hapus dari perangkat dengan memilih hapus akun.

Meski opsi kedua dari cara menghapus akun Google di handphone ini cukup bertele-tele daripada opsi pertama, namun dengan memperhatikan detailnya dengan baik anda bisa melakukannya dengan mudah.

Setelah mengetahui cara mudah menghapus akun google di handphone, kamu tidak perlu minta bantuan teman ataupun menyewa jasa lagi. Sebab dengan menggunakan jari mu sendiri akun dan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas maka akun google kamu akan terhapus.

 Jangan lupa untuk mengikuti dengan baik mengenai hal apa saja yang harus kamu lakukan. Agar meskipun kamu telah menghapus akun googlenya, kamu tidak  akan kehilangan data-data  penting yang berada di dalam akun google mu.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top