Cara Restore Windows 10

Tidak Perlu Panggil Teknisi, Begini Cara Restore Windows 10!

Cara Restore Windows 10Kamu sedang mencari cara restore windows 10? Kamu tepat mampir di sini. Pasalnya, kamu akan mempelajari beberapa metode untuk memulihkan kondisi windows seperti sedia kala.

Pemulihan windows terkadang diperlukan. Bisa dikatakan, kondisi ini dibutuhkan ke depannya. Entah itu pada jangka pendek atau pun panjang.

Kondisi tersebut disebabkan oleh permasalahan dalam perangkat. Contohnya perangkat tiba-tiba mengalami booting.

Booting setiap waktu menandakan adanya permasalahan pada windows. Untuk itulah, kamu perlu memperbaikinya. Jika tidak, kamu tidak bisa mengoperasikan perangkat.

Di sini, kamu akan menemukan trik atau cara restore windows 10. Tetapi sebelumnya, mari kenalan lebih dalam tentang restore windows dan keuntungannya.

Apa Itu Restore Windows?

Sederhananya, restore windows dipahami sebagai upaya seseorang dalam memulihkan sistem ke pengaturan awal. Tepatnya, mengembalikan pengaturan sistem ke titik tertentu.

Pemulihan ini dilakukan lantaran perangkat mengalami permasalahan. Proses ini tidak akan mempengaruhi pada data personal yang kamu simpan. Terkecuali pada data registry dan setting windows terakhir.

Kenapa? Karena masalah perangkat berasal dari data registry terakhir. Atau, bermula dari pengaturan windows yang kamu lakukan sebelumnya.

Contohnya menginstall aplikasi yang tidak kompatibel. Aplikasi ini menyebabkan error. Dampaknya, perangkat elektronik bisa mengalami booting atau pun bermasalah pada sistemnya.

Tidak menutup kemungkinan jika kamu tidak bisa mengoperasikannya. Akhirnya, ini berdampak pada aktivitasmu yang berhubungan dengan pengoperasian komputer atau laptop.

Biasanya, kebanyakan orang akan memilih install ulang. Tetapi, data yang tersimpan berisiko terhapus secara menyeluruh. Baik itu file atau pun aplikasi yang pernah kamu gunakan.

Beruntungnya, kamu tidak perlu kehilangan file atau aplikasi yang menunjang kebutuhanmu. Sebagai solusinya, kamu perlu menerapkan cara restore windows 10.

Keuntungan Restore Windows

Cara Restore Windows 10
Cara Restore Windows 10

Bagi seseorang yang sudah berpengalaman, fitur restore windows ini paling sering dimaksimalkan. Alasannya, fitur ini jauh lebih menguntungkan.

Keuntungan yang paling jelas, masalah yang terdapat dalam sistem dapat teratasi dengan sempurna. Bahkan, kamu tidak harus mengeluarkan budget sepeser pun. Syaratnya, kamu mengaplikasikan cara restore windows 10 sendiri.

Baca juga : Cara Mengurutkan Data Di Excel

Kerusakan sistem yang dipulihkan meliputi booting yang tidak berjalan, registry yang rusak, error setelah install aplikasi, hingga rusak akibat virus. Kesemuanya dapat ditangani langsung dengan fitur tersebut.

Kemudian yang tak kalah penting, kamu tidak perlu susah-susah untuk install ulang. Install ulang ini hanya perlu digunakan ketika tidak ada cara lain untuk memperbaiki windows yang bermasalah.

Tentunya, sistem windows akan berjalan maksimal seperti sedia kala. Sistem akan kembali pada pengaturan awal. Tepatnya sesuai dengan sistem yang direstore pada tanggal atau waktu sebelumnya.

Keuntungan lainnya, file atau pun aplikasi yang kamu simpan tidak ikut terhapus. Artinya, kamu masih bisa menyelamatkannya.

Syarat Untuk Restore Windows 10

Kamu dapat mengembalikan kinerja sistem sama seperti pengaturan di kurun waktu sebelumnya dengan fitur restore. Namun sebelum menggunakan cara restore windows 10, pastikan kamu sudah membuat restore point terlebih dahulu di dalam perangkat.

Fungsinya sebagai file backup di posisi normal. File inilah yang nantinya dirujuk. Artinya, sistem windows akan kembali seperti settingan file tersebut.

Ilustrasinya, kamu membuat Restore point pada tanggal 1 Maret ketika sistemnya masih normal. Sedangkan pada tanggal 5 Maret, kamu menjumpai windows bermasalah atau error.

Dengan adanya restore point, kamu bisa mengembalikan kondisi windows seperti pada tanggal 1 Maret. Tentunya, ini bisa lebih jauh lagi ketika kamu membuatnya lebih awal.

Bagaimana Cara Membuat Restore Point?

Restore poit merupakan kunci untuk menggunakan restore windows 10 atau versi lainnya. Untuk itulah, kamu perlu membuatnya terlebih dahulu. Tentunya, waktu pembuatannya dilakukan saat kondisi windows masih normal. Nah, langkah membuatnya seperti berikut.

  • Buka windows Explorer (bisa menekan tombol kombinasi Windows + E)
  • Pilih This PC
  • Klik kanan dan pilih Properties
  • Pilih System Protection
  • Klik Local Disk C di mana program windows terpasang
  • Tekan tombol Create
  • Beri nama restore point untuk memudahkan pencarian ke depannya
  • Tunggu hingga proses pembuatan restore point berhasil
  • Setelah berhasil, tinggal tekan Close
  • Periksa hasilnya di sistem restore point

Misalnya hasil ini tidak tampil, kamu tidak bisa mengaplikasikan cara restore windows 10. Untuk itu, kamu perlu menampilkannya. Caranya dengan membuka menu System Protection, klik Local Disk C, tekan Configure, pilih Turn On System Protection.

Atur Max Usage sesuai kebutuhan dan tekan OK. Setelah itu, buat lagi restore point. Hasilnya akan tampil seperti yang diharapkan.

Cara Restore Windows 10 di Laptop

Perlu diketahui bahwa cara restore windows 10 sangat bervariasi. Kamu bisa menggunakan system protection atau masuk ke BIOS. Caranya seperti ini.

Baca juga : Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

  • Restore Via System Protection

Asumsinya, kamu masih bisa mengakses komputer. Hanya saja, kinerjanya mungkin melambat atau terdapat banyak error.

Kalau kejadiannya seperti ini, kamu masih dapat mengakses system protection di mana kamu letakkan file windows sebelumnya. Untuk melakukannya, langkahnya pun sangat simpel.

Awali dengan menekan tombol kombinasi Windows + I. Atau, buka settings secara manual dari menu Start.

Setelah itu, ketik About your PC di kolom pencarian. Pastikan untuk menekan hasil pencariannya.

Lanjutkan dengan memilih System Protection. Jendela akan terbuka, lanjutkan dengan memilih System Restore. Tekan Next pada tab baru yang muncul.

Kamu akan menemukan restore point yang sudah dibuat sebelumnya. Tinggal sorot atau pilih file tersebut. Lanjutkan dengan menekan Next dan tunggu proses pemulihan hingga selesai.

  • Restore Windows via BIOS

Cara restore windows 10 melalui BIOS ini hanya berlaku bila perangkat sudah tidak dapat booting. Atau, perangkat hanya stuck dan tidak bisa berjalan ke tampilan selanjutnya.

Untuk melakukan perbaikan, kamu hanya perlu menyalakan perangkat komputer atau laptop. Pada saat berjalan, masuklah ke BIOS. Caranya berbeda-beda untuk setiap merek. Namun kebanyakan cukup dengan menekan F1 atau F2 saat perangkat baru dinyalakan.

Bila sudah memasuki BIOS, kamu tinggal menekan F8 berulang kali. Prosesnya dilakukan hingga muncul halaman Advance Settings.

Lanjutkan dengan memilih Repair Your Computer. Tunggu prosesnya dan lanjutkan dengan memilih System Restore.

Tinggal ikuti petunjuk lanjutannya. Petunjuknya sudah sangat jelas. Kamu cukup mengikutinya sampai proses pemulihannya selesai.

Ketika sudah berhasil, kamu akan mendapati perangkat dapat dioperasikan seperti biasanya. Dan masalah yang kamu hadapi akan tuntas. Contohnya, aplikasi yang merusak atau pengaturan sistem yang memicu masalah akan hilang.

Kedua cara tersebut bisa kamu maksimalkan. Kamu bisa memulainya dengan memanfaatkan system restore ketika laptop masih bisa dijalankan. Tetapi bila sudah hang, solusinya dengan memanfaatkan perbaikan dari BIOS.

Akhirnya, cara restore windows 10 ini menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang tidak ingin kehilangan data. Asalkan kamu mengetahui caranya, kamu dapat melakukannya sendiri sehingga tidak perlu memanggil teknisi. Bagi yang bermasalah dengan touchpad laptop, silahkan cek artikel tentang cara mengaktifkan touchpad laptop asus yang kami rekomendasikan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top