Dark Mode WhatsApp

Nyaman Di Mata, Begini Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp!

Dark Mode WhatsAppMode gelap atau dark mode WhatsApp mulai banyak diperbincangkan. Bahkan, sudah memperoleh perhatian serius bagi kebanyakan pengguna layanan WA. Pasalnya, mode ini dinilai lebih ramah untuk user.

Menariknya, pencarian di internet terkait mode gelap ini pun terus mengalami peningkatan. Tepatnya, banyak user yang tertarik untuk mengaplikasikannya pada perangkat atau layanan yang digunakannya.

Di sini, Aku mau berbagi informasi penting yang dapat kamu ambil manfaatnya. Tentunya berhubungan dengan dark mode WhatsApp. Mulai dari kelebihan, kekurangan hingga cara mengaktifkannya. Berikut informasi detailnya dari rogcommunity.id.

Fakta Mengenai WhatsApp Dark Mode

Sekedar informasi saja, mode gelap merupakan skema warna yang dibuat pada interface. Nantinya, skema ini akan menampilkan teks yang lebih cerah di depan latar belakang berwarna gelap.

Desain ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Tepatnya diaplikasikan pada monitor monokrom computer. Hanya saja, tampilannya mirip seperti dark mode.

Beberapa perusahaan pun mulai mengembangkan desain tersebut. Mulai dari windows hingga Google.

Kemudian, layanan di Android dan iPhone pun mulai menerapkannya. Bahkan, layanan seperti WhatsApp pun tidak ketinggalan untuk memanfaatkannya.

Khusus untuk dark mode WhatsApp, layanan ini meluncurkan desain yang dinilai lebih baik untuk mata. Warna yang digunakan untuk mode ini cenderung abu-abu gelap.

Perusahaan ini mengklaim jika warna tersebut jauh lebih baik ketimbang menggunakan warna hitam. Ini pun dikuatkan dengan pernyataan jika kombinasi warna hitam dan putih dipercaya dapat meningkatkan kelelahan mata.

Berbeda dengan warna abu-abu gelap. Warna ini jauh lebih ramah. Tak ayal jika perusahaan yang menaungi layanan WhatsApp memilih kombinasi warna tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Dark Mode WhatsApp

Dark Mode WhatsApp
Dark Mode WhatsApp

Keberadaan dari mode gelap pada layanan tersebut menimbulkan banyak pertanyaan. Apa sih kelebihan yang ditawarkannya? Untuk menjawabnya, mari perhatikan kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Mode Gelap

Tentunya, ada sejumlah kelebihan yang ditawarkan dari dark mode WhatsApp atau di layanan lainnya. Ini pun dianggap sebagai nilai lebih dari pembaharuan layanan. Tepatnya memberikan pengalaman yang lebih baik bagi user.

Secara umum, kelebihannya berkaitan dengan penghematan baterai. Syarat utamanya, ponsel mengaplikasikan layar OLED. Jika tidak, maka tidak ada pengaruhnya sama sekali.

Baca juga : Cara Membuat Catatan Kaki

Kelebihan lainnya, mode ini sangat baik ketika digunakan pada lingkungan yang kurang pencahayaan. Contohnya membaca pesan di ruangan yang gelap.

Pengguna akan merasa lebih nyaman. Pasalnya, wajah dan mata tidak tersorot oleh cahaya yang cukup menyilaukan. Tepatnya, mempercepat mata menjadi Lelah.

Kemudian kelebihan lainnya, dark mode ini sangat cocok untuk kamu yang menderita fotopobia. Ini merupakan kondisi di mana seseorang takut dengan cahaya. Kalau mendapatkan cahaya yang terang, mata akan Lelah dan muncul migrain.

Kekurangan Mode Gelap

Meskipun tampak menguntungkan, nyatanya dark mode WhatsApp ini pun tidak lepas dari kekurangan. Kekurangannya ialah memungkinkan risiko pada kesalahan mendeteksi isi pesan.

Ada kemungkinan jika kamu tidak membaca pesan dengan jelas. Terutama jika berada di tempat yang juga kurang penerangan. Dengan begitu, kamu berisiko membalas pesan yang keliru.

Syarat untuk Menggunakan Dark Mode

Sebenarnya, mode ini telah dirilis oleh penyedia layanan. Dan ada ketentuan bagi pengguna yang ingin menggunakan mode ini.

Syaratnya adalah memperbarui versi WhatsApp. Jika tidak, kemungkinan besar kamu tidak dapat menggunakan pembaharuan tersebut.

Bagi pengguna OS android, versi terbaru yang disyaratkan adalah versi 2.20.69. Sedangkan iOS, versinya harus sudah 2.20.30.

Bagaimana cara memeriksanya? Untuk pengguna android, kamu cukup buka aplikasi. Kemudian tekan titik tiga dan masuk ke Setting.

Setelah itu, tekan Help. Kemudian, klik App Info. Hasilnya, kamu akan melihat informasi mengenai versi WA.

Untuk pengguna iOS, cukup buka aplikasi. Masuk ke Setting dan tekan Help. Di sini akan tertera versi yang digunakan.

Kalau belum menggunakan versi teranyar, kamu tinggal memperbaruinya. Caranya cukup dengan masuk ke Playstore atau App Store. Cari aplikasi WA dan buka hingga menemukan opsi perbarui. Tekan perbarui, maka layanan tersebut akan menjadi versi teranyar.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap WhatsApp

Mengaktifkan dark mode ini sedikit berbeda ketika kamu mengakses WA di perangkat yang berbeda. Maksudnya, metodenya sedikit berbeda antara pengaktifan mode di versi mobile dan web. Di sini, kamu akan mengetahui letak perbedaannya dari urutan pengaktifan.

Baca juga : Cara Restore Windows 10

Langkah Aktifkan Mode Gelap WA di Android

Tidak sulit untuk mengaktifkan mode gelap di android. Kamu bisa mencermati langkahnya berikut ini.

  • Buka aplikasi WA
  • Klik garis tiga di pojok atas layar
  • Pilih setting
  • Tekan menu Chats
  • Pilih menu Themes
  • Pilih opsi Dark/Gelap
  • Tekan OK

Langkah Aktifkan Mode Gelap di WhatsApp Web

Bagi pengguna WhatsApp web, caranya jauh lebih simpel. Justru, langkahnya lebih singkat. Dengan catatan bahwa kamu WhatsApp web sudah terhubung. Tetapi jika belum, ikuti cara mengaktifkan dark mode WhatsApp web berikut.

  • Akses masuk ke WhatsApp web
  • Tautkan dengan cara scan QR Code
  • Setelah terbuka, kamu dapat menekan garis tiga
  • Pilih setelan atau setting
  • Tekan tema/theme
  • Pilih tema gelap/dark
  • Setujui dengan menekan OK

Ada kalanya kamu juga ingin mengubahnya ke mode terang. Kamu bisa mengembalikan mode gelap melalui langkah di atas. Kamu tinggal mengubah modenya menjadi terang dan menekan OK.

Baik Mana Antara Mode Gelap dan Terang?

Kamu sebenarnya punya pilihan untuk mengubah tampilan/tema di WhatsApp. Yakni, mengubahnya menjadi mode gelap atau pun terang.

Kedua opsi tersebut sebenarnya memiliki sisi positif dan negatif. Ketika kamu menggunakannya dengan bijak, tentu tidak ada pengaruh negatif yang akan kamu rasakan.

Sebaliknya jika berlebihan, tentu saja ini bisa membuat masalah. Terutama berkaitan dengan penglihatan.

Pada dasarnya, dark mode memungkinkan ketegangan otot mata menurun. Artinya, mata akan lebih nyaman ketika menatap layar.

Sayangnya, ada minusnya. Saking nyamannya, pengguna terkadang membiarkan mata terus menatap layar. Dan inilah yang disayangkan lantaran kebiasaan ini juga dapat merusak Kesehatan mata.

Sebaliknya jika menggunakan mode terang, pantulan sinar ke wajah jelas lebih besar. Ini memungkinkan mata lebih silau. Tidak menutup kemungkinan jika mata akan lebih mudah Lelah.

Meskipun begitu, mode tersebut pun cukup menjanjikan. Setidaknya, kamu dapat membaca pesan hingga membalasnya dengan benar. Artinya, tidak ada kesalahan informasi dari apa yang kamu baca.

Sederhananya, masing-masing opsi bisa saja menguntungkan ketika digunakan dengan benar. Kamu sebaiknya menggunakan dark mode untuk mendukung kenyamanan mata. Hanya saja, jangan biarkan mata terlalu lama untuk menatap layar.

Begitu pun sebaliknya, mode terang pun bagus lantaran meminimalkan kesalahan dalam menemukan informasi. Dan yang paling penting, kamu tidak terlalu lama menatap layar yang menggunakan mode tersebut.

Akhirnya, kamu bisa menyimpulkan sendiri mana yang terbaik. Jika kamu merasa mode gelap memang dibutuhkan, kamu bisa mengaktifkan dark mode WhatsApp dengan cara yang disebutkan di atas.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top